Sitti Nuraenun Ilahi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

APASIH MANFAAT PENDIDIKAN BAGI GENERASI MUDA?

Apasih Manfaat Pendidikan Bagi Generasi Muda?

Nah, untuk mengetahui manfaat pendidikan bagi generasi muda, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu pendidikan?

Pendidikan adalah sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran untuk peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pengertian pendidikan dapat diartikan sebagai usaha sadar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup atau untuk kemajuan lebih baik. Jadi, secara singkat pendidikan adalah suatu proses pembelajaran kepada peserta didik agar memiliki pemahaman terhadap sesuatu dan membuatnya menjadi manusia yang kritis dalam berfikir

Berikut ini beberapa manfaat pendidikan bagi generasi muda

1. Sebagai Sarana Informasi Serta Pemahaman

Manfaat pendidikan yang pertama ialah untuk meningkatkan dan memberikan informasi serta pemahaman akan seluruh ilmu pengetahuan yang ada di setiap orang. Terlebih lagi zaman selalu berubah. Itu tandanya generasi muda mau tidak mau harus terus belajar dan mendapatkan pendidikan yang baik. Jangan sampai generasi muda menjadi ketinggalan zaman karena mengabaikan pendidikan. Jika begini, negara kita akan jauh tertinggal dengan negara lain. Tentu kita tidak ingin hal itu terjadi kan?

2. Untuk Menciptakan Generasi Penerus Bangsa Yang Unggul

Manfaat pendidikan bagi generasi muda lainnya adalah bisa menciptakan generasi penerus bangsa yang ahli di berbagai bidang. Hal ini sangat berhubungan dengan tersedianya berbagai jenjang pendidikan serta penjurusan yang ada. Jika hal ini dapat tercipta, maka pendidikan akan dapat melahirkan banyak generasi muda yang unggul.

3. Sebagai Wadah Untuk Memperdalam Suatu Ilmu Pengetahuan

Tak hanya menciptakan generasi muda yang cerdas dan berbudi, pendidikan pun bisa bermanfaat bagi seseorang yang ingin memperdalam suatu disiplin ilmu yang disukainya. Hal ini dapat dirasakan jika orang tersebut terjun langsung ke dalam masyarakat. Orang tersebut akan mengabdikan dirinya kepada masyarakat dan berusaha untuk memecahkan problema yang terjadi di dalamnya.

4. Jalan Untuk Mendapatkan Pekerjaan Yang Diharapkan

Harus diakui jika pendidikan menjadi salah satu cara untuk mendapatkan pekerjaan yang diharapkan. Jika dilihat saat ini, mencari pekerjaan itu tidaklah mudah. Banyak sekali pesaing yang kompetitif. Tentu saja perusahaan akan menilai pertama kali calon pekerjanya melalui jenjang pendidikannya. Dengan semakin tingginya jenjang pendidikan yang dimiliki, kemungkinan untuk memperoleh pekerjaan yang diinginkan pun semakin besar.

5. Untuk Membentuk Pola Pikir Yang Ilmiah

Bila diperhatikan dengan seksama, orang yang mempunyai jenjang pendidikan tinggi biasanya memiliki pola pikir yang lebih ilmiah. Mereka tidak akan sembarangan berkata tidak bijak pada orang lain. Mereka akan berfikir dengan fakta-fakta yang ada di bandingkan dari sisi emosional mereka.

6. Untuk Mencegah Adanya Generasi Yang Bodoh

Walaupun terdengar kasar, tetapi inilah kenyataannya. Dunia pendidikan memang dapat bermanfaat untuk menghindari adanya generasi bodoh di sebuah negara. Pendidikan akan dapat membantu seseorang memahami apa saja hal-hal yang baik dan benar. Pastinya hal ini akan membuat generasi muda menghindari berbagai tindakan bodoh yang nantinya bisa merugikan banyak pihak.

7. Menciptakan Generasi Muda Bangsa Yang Cerdas

Tentu akan sangat membanggakan jika negara kita memiliki generasi muda yang cerdas. Hal itu bisa terjadi melalui pendidikan. Tak hanya cerdas dari sisi akademik, pendidikan pun dapat membuat generasi muda mempunyai nilai moral serta integritas yang tinggi. Bila hal itu terjadi, tidak mengherankan jika negara ini dapat menjadi negara yang besar dan hebat.

Itulah tujuh manfaat pendidikan bagi generasi muda. Sebenarnya pendidikan adalah investasi yang sangat baik bagi generasi muda. Mereka yang mempunyai kualitas mumpuni tentu dapat membangun negara kita menjadi lebih baik. Pendidikan adalah hal yang sangat baik untuk semua generasi. Itulah mengapa pendidikan sangatlah penting untuk dirasakan semua orang.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post